2. IBNU RUSYD
PERINTIS HISTOLOGY
sumber : odareza.wordpress.com
Ia dikenal di baratdengan nama Averroes.
Ibnu rusyd lahir di kordoba, spanyol tahun 1198 M.
ibnu rusyd adalah seorang ilmuan muslim yang cerdas yang menguasai banyak disiplin ilmu.
Dalam dunia ilmu kedokteran, ibnu rusyd dikenal sebagaiseorang perintis ilmu jaringan tubuh
(histology).Ia pun berjasa dalam bidang penelitian pembuluh- pembuluh darah,
serta penyakit cacar.
Liku-liku perjalan hidup pemikir besar ini sangat menarik ini ibnu rusyd dapat digolongkan sebagai seorang ilmuwan
yang lengkap. Selain sebagai dokter ia juga ahli filsafat, sastra, logika,
ilmu-ilmu pasti, di samping sangat menguasai pula pengetahuan keislaman,
khususnya dalam tafsir al Quran dan hadits ataupun dalam bidang hokum dan fikih.
Dalam ilmu kedokteran.Ibnu rusyd mempunyai lebih dari dua puluh buku.
Salah satu buku karangannya al-kulliyyat fi al-thibb yang
diterjemahkan kedalam bahasa latin merupakan ikhtisar kedokteran yang
terlengkap untuk zamannya ,dan di terbitkan di padua pada tahun 1255 M.
salinannya dalam bahasa inggris dikenal dengan nama general rules of medicine, sempat
di cetak berulangkali di eropa.
Selain itu ibnu rusyd dikenal pula
sebagai pengkritik ibnu sina yang paling dihormati karya –
karya medis pendahulunya tersebut. Ia juga tertarik pada gagasan al farabi tentang logika dan sering memberinya inspirasi dalam berkarya dan merupakan seorang filosof
yang telah berjasa mengintegrasikan islam dengan tradisi pemikiran yunani
Sedangkan karya
– karya ibnu rusyd dalam ilmu kalam terepresentasi dalam warisan pemikirannya tahafut
at-tahafut, kitab yang menjawab serangan abuhamid al-ghazali (1058-1111M)
terhadap filsuf terdahulu. Dalam warisan ilmu kalam dan filsafat ini,
ibnu rusyd mewujudkan mazhabnya dalam mempertemukan hikmah( filsafat) dengan syariat
(agama dan wahyu).
Karya-karyanya dalam bahasa arab kira
– kira berjumlah 78 buah, yang masih tersimpan rapi di perpustakaan escurial,
Madrid ,spanyol. Ia meninggal pada tahun 595 H/1198 M di kotamarakis, maroko,
dan jenazahnya dibawa ke Andalusia serta di makamkan disana.
Abdul latief al Baghdadi
sumber: iraqimaqam.blogspot.com
AHLI ANATOMI
Para ilmuwan barat menggambarkan sosok abdul latief sebagai seorang yang
genius yang gemar melakukan penelitian dana krab dengan pengkajian ilmiah. Abdul
latief al Baghdadi lahir pada tahun 1162M di Baghdad dan mempunyai nama asli abumohammadabdullatief bin yusuf bin mohammad.
Sejak kecil ia telah tertarik pada ilmu kedokteran sehingga sangat tekun mempelajari ilmu kedokteran sepanjang hidupnya.
Ia meneliti karya – karya ahli medis yunani dan mengembangkannya melalui banyak penelitian. Di
samping itu ia banyak mengembangkan studi tentang pertulangan termaksud tulang rahang bawah. Teori galen misalnya, mengenai tulang bawah dan tulang yang menghubungkan tulang punggung dan tulang kaki
berhasil ia sempurnakan selama berada di mesir. Penelitiannya dalam bidang ini memunculkan temuan –
temuan yang mengejutkan.
Ia merupakan sosok ahli kedokteran
(ahli anatomi), sastrawan dan filsof yang
terkenal. Riwayat hidupnya dapat diketahui dari sebuah otobiografi yang karangannya sendiri. Selama hidupnya ia telah menulis karya- karya terutama yang menceritakan perjalanan keberbagai tempat. Dalam karyanya –
karyanya ia mengambarkan secara jelas apa yang terjadi pada daerah yang dilewatinya. Dalam ilmu kedokteran namanya diterkenal sebagai ahli anatomi pertama yang
memberikan deskripsi lengkap dan akurat tentang tengkorak kepala manusia dan tulang muka, termaksud tulang rahang bawah.
Buku-
bukunya banyak diterjemahkan dalam bahasa latin dan di simpan di perpustakaan universitas oxford,
inggris pada tahun 1800M. Selain itu juga diterjemahkan dalam bahasa perancis pada tahun 1810 M,
yang disertai dengan tambahan – tambahannya yang dianggap penting. Catatan-catatan penelitian abdul latief saat itu sangat berpengaruh pada ilmu kedokteran eropa.Tiga dokter muslim terkemuka, ali ibnuabbas, al
Baghdadi dan ibnu sina al nafis juga tercatat sebagai perintis yang meluruskan syaraf dari telinga dan wajah. Ketiganya menyatakan bahwa ada dua syaraf terpisah yang
menjelaskan bahwa pendengarannya sebagai penerimaan gelombang suara di genderang telinga.
Selama hidupnya abdul latief telah menghasilkan
173 buahbuku yang mengcakup bidang kedokteran sastra, geografi,
filsafat, matematika, sains, dan sejarah.Abdul latief sangat tekun mempelajari ilmu kedokteran sepanjang hidupnya.Ia meneliti karya – karya ahli medis yunani dan menggembangkannya melalui banyak penelitian. Di
samping itu ia banyak mengembangkan studi tentang pertulangan termaksud tulang rahang bawah. Teori galenus misalnya,
mengenai tulang bawah dan tulang yang menghubungkan tulang punggung dan tulang kaki berhasil ia sempurnakan selama berada di
mesir. Penelitianya dalam bidang ini memunculkan temuan – temuan yang mengejutkan. Selama terjadi bencana kelaparan di
mesir pada 1200M, abdul latief berkesempatan mengobservasi dan memeriksa sejumlah besar kerangka manusia yang
meninggal akibat kelaparan. Ini merupakan paling awal dalam bidang autopsiposmortem.
Melalui kegiatan tersebut, ia menyimpulkan bahwa pendapat aelius galenus atau cladiusgalenus
yang sering di panggil galen, dokter dan filsuf roma asal yunani, soal pembentukan tulang rahang bawah dan tulang pinggul, salah
DAUD AL-ANTHAKI
Ahli ilmu jiwa
Nama lengkapnya adalah daud bin umar al-darir al-antarki. Ia
lahir di antokia. Pendidikan dasarnya ia peroleh di kampung halamannya. Sejak
kecil ia telah tertarik pada ilmu pengobatan dan psikologi. Haltersebutlah yang
kemudian mengantarkannya menjadi dokter ahli jiwa.
Ia
dikenal sebagai tabib ahli fisioterapi, ahli meramu obat dan ahli ilmu jiwa.
Keahliannya itu menyebabkannya ia di beri gelar thabib hazhiq al-Wahid. Karya
utama al-Antaki yang dinilai sebagai buku yang berjudul tadhkirat ulil al-Bab
Wal jami’lil ajab al-Ujab yang terbit di kairo
1308-1309H/1890-1891 M. Buku tebal ini dianggap sejajar kualitasnya
dengan karya- karya ilmuwan terkemuka lainnya. Buku tersebut merupakanindikasi
keadaan sains dan ilmu medis islam selama abad ke-16 pada saat sains di eropa mulai bergerak ke arah
baru. Buku tersebut sangat berpengaruh di eropa dan menjadi rujukan
mahasiswa-mahasiawakala itu.
Kelebihan
daud al-antaki terletak pada studi terapi atas pengobatan. Ia mengidentifikasi
jenis jenis obat yang dapat dipakai untuk mengobati macam- macam penyakit.untuk
tujuan ini ia menulis sebuahbuku yang sangat populer, tazkirah daud. Yang tidak
dapat dilupakan adalah ia membuat sebuah kartu identitas yang dilindungi
undang- undang yang meliputi beberapa keterangan antara lain, nama, kedudukan,
kegunaan, dan obat atau terapi.
Al
anthaki telah mengenalkan sebuah model kartu identitas dalam melakukan
pemeriksaan dan pengobatan yang terdiri atas sepuluh komponen yaitu, nama,
bahasa yang dipakai, kesehatan, penyakit, suhu badan, yang dirasakan
anggota-anggota tubuh, pengobatan
sendiri, yang dilakukan ketika sendiri atau bersama orang lain, kemampuan dan
solusi masalah yang diberikan.
Setelah
menyebutkan hal hal diatas, al-antaki menyebutkan waktu untuk minum obat,
sehingga tidak menimbulkan kerusakan tubuh. Kemudian, menyebutkan cara dan
tempat untuk menyimpan obat dan tempat-tempat untuk mendapatkannya. Hal
tersebut menunjukan bahwa al-Antaki sangat cermat dalam menangani pasien dan
sesuai dengan keadaan masyarakat saat itu. Setelah lama mengembara di banak
kota ia pergi ke mekkah. Al-Antaki meninggal dunia pada 1008H/1599M di mekkah.
2 komentar:
Great article, Thanks for your great information, the content is quiet interesting. I will be waiting for your next post.
very informative post for me as I am always looking for new content that can help me and my knowledge grow better.
Posting Komentar