Saya adalah siswa baru SMK Negeri 8 Semarang Kompetensi Keahlian Multimedia. Semenjak saya menempuh ilmu di Multimedia sangat tertarik untuk membuat blog yang bagus dan dinikmati oleh banyak orang. Blog ini berawal dari tugas pertama saya dari guru untuk bisa mengikuti pelajaran beliau. Ternyata benar kata guru saya, ngeblog itu mengasyikkan

Minggu, 18 September 2011

MEMORI


Memori
Memori adalah media penyimpanan data yang terdapat pada sebuah computer dapat mempengaruhi kecepatan kerja computer tersebut. Memori utama terdiri dari komponen-komponen berikut ini:
·          
         
      ROM ( Read Only Memory )

                                                                               somber: www.novopc.com
                                                                

                                                                   
ROM adalah memori yang data pogramnya hanya dapat dibaca pada computer, ROM biasanya disebut dengan basic input output system ( BIOS ). BIOS terdapat pada motherboard dan berfungsi untuk mengatur hardware yang ada pada computer.
BIOS memiliki beberapa jenis, salah satu diantaranya yaitu flash EEPROM, yamg programnya dapat diganti dengan software yang disediakan oleh perusahaan pembuat motherboard. Penggantian software ini bertujuan untuk meningkatkan kerja peripheral yang ada pada motherboard.
·         RAM ( Random Access Memory )
RAM adalah memori yang hanya dapat kita gunakan pada saat computer hidup. Atau juga bisa tempat penyimpanan data   sementara.
RAM memiliki beberapa jenis sebagai berikut:

  •   SDRAM ( Synchronous DRAM )
                                                                       sumber : www. celnet.org.uk
      SDRAM memiliki 168 pin, SDRAM merupakan pengatur (Synchronizes) memori atau CPU clock yang berfungsi untuk melakukan perpindahan data yang lebih cepat. SDRAM tersedia dalam2 kemasan dengan 2 kecepatan yang berbeda, yaitu 100 MHz (PC-100) dan 133 MHz (PC-133).
                                                                    
  •   DDR  (Double Data Rate )
                                                                       sumber: www.devhardware.com
      ciri-ciri DDR sama dengan SDRAM, tetapi kecepatannya dalam memindahkan data (data transfer) mendekati kecepatan sistem clock. DDR memiliki 184 pin dan tersedia dalam tiga pilihan kecepatan, yaitu226 MHz, 333MHz dan 400MHz.
  •   DDR2 
                                                                      sumber:  www.alibaba.com

DDR2 ( double data rate 2 synchronous dynamic random access) adalah teknologi RAM yang digunakan sebagai media penyimpanan data dengan kecepatan tinggi pada computer atau alat elektronik yang lain.
Keunggulan utama dari DDR2 yaitu kemampuan untuk mengoperasikan data bus eksternal dua kali lebih cepat dari pada DDR. Hal ini, dilakukan dengan meningkatkan bus signaling dan mengoperasikan sel-sel memori setengah clock rate (seperempat data transfer rate).
  •  DDR3
                                                                        sumber: www.bivans.blogspot.com
Keunggulan DDR3 yaitu kemampuan untuk melakukan transfer data I/O sebanyak delapan kali rate sel-sel memori, sehingga dapat memproses data lebih cepat dibandingkan processor pendahulunya. Kapasitas chip standar DDR3 sebesar 512MB .s.d. 8GB.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Great HTML Templates from easytemplates.com.